Press "Enter" to skip to content

Menikmati Musibah yg Hadir

Ahmad Rifai 0

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah,

Musibah-musibah adalah kenikmatan, sebab ia melebur dosa-dosa, musibah mengajak kepada kesabaran yang berpahala, musibah menuntut kembali kepada Allah dan merasa rendah di hadapan Nya serta berpaling dari manusia, dan masih banyak maslahat-maslahat agung lainnya. Dengan ujian itu sendiri Allah menghapus dosa-dosa dan kesalahan-kesalahan. Maka ia termasuk nikmat yang teragung.

Musibah adalah rahmat dan nikmat pada seluruh makhluk, namun karenanya orang yang ditimpa musibah mungkin masuk ke dalam dosa yang lebih besar dari sebelumnya, sehingga ia menjadi keburukan baginya dari sisi apa yang menimpanya dalam agamanya.

Di antara manusia, ada yang jika diuji dengan kemiskinan, atau penyakit, atau rasa sakit, maka dia menjadi munafik, bersedih berlebih-lebihan,hatinya berpenyakit dan terjerumus ke dalam kekafiran yang nyata, meninggalkan sebagian kewajiban dan menjalankan sebagian larangan di mana hal itu mengakibatkan kerusakan di dalam agamanya.

Sebagaimana orang yang jika ditimpa musibah bersabar dan malah semakin taat, maka musibah ini baginya merupakan nikmat agama. Siapa yang menerima ujian lalu dia dikaruniai kesabaran, maka kesabaran ini adalah nikmat dalam agamanya, setelah itu dia meraih apa yang melebur kesalahan-kesalahannya sebagai sebuah rahmat, dan dia juga meraih shalawat dari Tuhannya karena pujiannya kepadaNya.

Allah ﷻ berfirman,

أُوْلَٰٓئِكَ عَلَيۡهِمۡ صَلَوَٰتٞ مِّن رَّبِّهِمۡ وَرَحۡمَةٞۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُهۡتَدُونَ

Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. [Al-Baqarah: 157]

Dia meraih ampunan bagi dosa-dosa dan derajat-derajat yang tinggi. Siapa yang mempunyai kesabaran yang wajib, maka dia mendapatkan kedudukan itu.

[Fath al-Majid, hlm. 397 & Panduan Lengkap Membenahi Akidah, hlm. 208]

👤 Muroja’ah : Al Ustadz Abu Zakariyya as Sumatrani حفظه الله

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *