Ahmad Rifai
cara memilih web hosting yang bagus

Cara Memilih Web Hosting Yang Bagus + Tepat (9 Tips / Poin Penting)

Memilih web hosting yang bagus sangat penting untuk kelangsungan blog / website anda, karena kalau salah pilih akan berdampak buruk terhadap kelangsungan blog maupun website ke depannya.

Oleh karena itu anda harus memikirkan beberapa aspek sebelum memutuskan untuk membeli kepada salah satu hoster, baik itu yang ada di negara anda sendiri (Indonesia), maupun luar negeri.

Bagaimana Cara Memilih Web Hosting  Yang Bagus ?

Cara memilih web hosting yang bagus merupakan sebuah permasalahan yang rumit, karena semua hoster mengklaim bahwa mereka adalah yang bagus.

Selain itu, karena dunia Internet saat ini semakin berkembang dengan pesat, sehingga penyedia layanan hosting banyak bertebaran di Internet, dan tidak semua dari mereka memiliki server sendiri, dan di antara mereka juga ada yang hanya Reseller dari salah satu perusahaan hosting tertentu.

Dalam kasus bagaimana cara memilih web hosting yang bagus ini anda harus menanyakan kepada diri sendiri, berapa besar investasi (anggaran dana) yang berani anda keluarkan untuk membeli sebuah layanan seperti ini, serta seberapa besar trafik yang anda harapkan dalam beberapa bulan mendatang setelah blog / website sudah online.

Oleh karena itu anda harus memiliki gagasan yang jelas untuk memilih, apakah anda ingin membeli layanan web hosting, atau ingin mencari yang murah, atau ingin mencari layanan hosting yang mampu menampung trafik besar.

Pilih Yang Terbaik Dan Murah

Apabila anda benar – benar pemula, maka saran saya pilihlah hosting terbaik serta murah tapi bukan murahan, serta tepercaya.

Sebelumnya saya ingin menegaskan bahwa murah itu relatif, terkadang yang memiliki harga lebih mahal bisa dikatakan lebih murah dari sebuah layanan yang menawarkan harga di bawahnya.

Contoh kasus :

  • Hoster A menjual paket hosting dengan harga mulai dari Rp.20.000/bulan
  • Hoster B menjual paket hosting dengan harga mulai dari Rp.50.000/bulan

Anggap saja anda sudah membeli paket termurah dari hoster A (blog A) dan B (blog B), dan setelah berjalan beberapa bulan ternyata blog A sering tidak bisa di akses dan blog B tidak pernah bersamalah.

Setelah mengetahui seperti itu apakah anda tetap mengatakan yang harga Rp.20.000 itu lebih murah? …

Ya … kalau anda lihat dari harga memang tidak salah bawah A lebih murah dari B, namun jika anda lihat dari kebaikan blog serta bisnis yang anda jalankan pada blog tersebut, maka B bisa dikatakan lebih murah dan merupakan hosting terbaik untuk blog anda.

Itu hanya gambaran saja, dan jujur hal itu pernah saya alami karena saat itu saya ingin yang murah, dan patokan saya saat itu adalah harga.

Pertimbangkan Ini Sebelum Memutuskan Untuk Membeli Hosting

Ada beberapa aspek yang perlu anda pertimbangkan untuk memilih web hosting terbaik dan sesuai dengan keperluan blog anda nantinya.

1. Jenis Hosting Seperti Apa Yang Anda Perlukan

Pertama anda perlu memiliki rencana tentang jenis hosting apa yang anda perlukan. Dan jika anda ingin mengetahui apa saja jenis web hosting itu, silakan baca artikel Apa itu Hosting.

Jika anda benar – benar pemula, maka shared hosting adalah pilihan yang bagus. Karena kebanyakan layanan shared hosting sudah disertai dengan kontrol panel (cPanel), sehingga anda dapat dengan mudah mengelola hosting tersebut.

Pada cPanel hosting terdapat berbagai alat yang bisa kita gunakan untuk mempermudah banyak hal, di antaranya terdapat fasilitas script auto installer yang akan mempermudah kita dalam membuat blog maupun website dengan platform tertentu hanya dengan klik dan isi kolom isian saja, serta alat lainnya.

Selain shared hosting anda juga dapat memilih Managed WordPress Hosting jika anda berniat untuk membuat website / blog menggunakan wordpress, karena dengan layanan ini anda tidak perlu pusing memikirkan hal – hal teknis seperti instalasi, backup, keamanan, dan sebagainya.

Namun untuk harga Managed WordPress Hosting lebih mahal jika dibandingkan shared hosting.

2. Hardware

Saya yakin semua orang ingin memiliki blog maupun website yang memiliki kecepatan bagus, sehingga pengunjung tidak perlu menunggu proses memuat / loading yang lama.

Ini merupakan salah satu hal yang paling penting dan perlu anda pertimbangkan, karena jika blog anda tidak memiliki kecepatan yang bagus, maka blog anda akan ditinggalkan calon pengunjung, karena pada sebuah kasus, blog yang dimuat melebihi dari 5 menit akan ditinggalkan pengunjungnya.

Oleh karena itu anda harus memastikan penyedia hosting yang akan anda pilih menggunakan hardware berkualitas tinggi, baik itu RAM maupun CPU. karena ini memiliki peran yang besar dalam menentukan kinerja sebuah blog maupun website.

Contoh nyata :

  • komputer yang menggunakan  processor core i7 tentu akan memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang menggunakan core i3 (dengan menggunakan ram + hdd + lainnya sama)
    Dan jika sama – sama core i7, tentu yang menggunakan ram lebih besar akan memiliki kinerja yang lebih bagus.

3. Hard Disk Space / Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan / Hard Disk Space juga perlu anda pertimbangkan, karena ini adalah tempat penyimpanan semua file anda nantinya, dan ini bisanya juga akan menimbulkan perbedaan harga.

Namun saat ini banyak penyedia layanan hosting (hoster) yang menyediakan layanan dengan kapasitas ruang penyimpanan yang besar, bahkan unlimited, dan untuk kasus ini usahakan untuk memilih ruang penyimpanan yang besar.

Selain masalah ruang penyimpanan anda juga perlu memperhatikan Hard Disk apa yang mereka gunakan, dalam hal ini sebaiknya utamakan yang menggunakan Hard Disk SSD, karena SSD akan memberikan kecepatan transfer yang bagus.

4. Maksimal Data Transfer / Bulan atau Bandwith

Seberapa besar bandwith / bulan yang ditawarkan juga penting, karena ini nantinya akan menentukan seberapa banyak kunjungan yang dapat ditampung oleh blog / website anda. Semakin besar bandwith yang di tawarkan semakin bagus.

Pemakaian bandwith biasanya sangat dipengaruhi dengan seberapa besar ukuran halaman yang dibuka pengunjung.

Kalau begitu lebih baik memilih perusahaan web hosting yang menawarkan bandwith unlimited / unmetered kan ?

Kalau kita pikirkan sekilas ini masuk akal, karena blog kita dapat memiliki trafik besar / unlimited.

Namun sebenarnya bandwith unlimited yang ditawarkan itu tidak seperti yang anda bayangkan, sehingga tidak semua hoster yang menawarkan paket bandwith unlimited bisa kita jadikan pilihan.

Jika kita dihadapkan dengan 2 pilihan bandwith unlimited / unmetered, maka lebih baik memilih paket bandwith unmetered

Akan tetapi jika anda memilih paket seperti ini anda harus memahami persyaratan layanan tentang penggunaan bandwith, karena jika anda menggunakan bandwith melebihi dari batas kewajaran mereka, maka kemungkinan anda bisa di suspended.

5. Up Time

Masalah ini juga sangat penting, karena terkadang setiap penyedia layanan hosting menawarkan uptime yang berbeda, ada yang menawarkan uptime 98%, 99%, bahkan ada yang lebih dari 99.5%.

Dalam kasus ini perbedaan 0,1% saja mungkin akan memiliki dampak signifikan, jadi pilihlah yang memiliki up time 99% ke atas.

6. Teknologi Apa Yang Mereka Gunakan

Saat ini sebagian perusahaan web hosting sudah menggunakan teknologi baru yang sering disebut dengan Cloud Hosting.

Oleh karena itu anda harus mengetahui apakah paket hosting yang akan anda beli menggunakan teknologi cloud (Cloud Hosting) atau menggunakan Hosting Tradisional.

Cloud Hosting diklaim memiliki kinerja yang lebih bagus dibandingkan tradisional hosting, kenapa demikian ?

Secara singkatnya seperti ini :

Sebuah website yang berada pada tradisional hosting akan disimpan pada 1 server saja, sehingga jika server itu down maka semua website yang berada di sana juga akan down.

Sedangkan website maupun blog yang berada pada cloud hosting akan disimpan pada beberapa server, sehingga jika 1 server down masih ada server lain yang dapat membuat website kita tetap dapat di akses.

Sebenarnya perbedaan antara cloud hosting dengan tradisional hosting sudah saya jelaskan pada halaman pengertian Apa itu Web Hosting.

7. Dukungan / Support + Customer Service (CS)

Ini adalah hal pribadi dan juga tergantung dari pengalaman masing – masing.

Apabila anda merasa sebagai pemula yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana cara instalasi sebuah blog / website, keamanan, backup, dan sebagainya. Maka usahakan memilih hoster yang menawarkan dukungan yang bagus.

Namun jika anda sudah ahli dan memiliki banyak pengalaman, mungkin ini tidak terlalu menjadi masalah, namun tetap harus mempertimbangkan ini.

Karena kesalahan biasanya selalu ada, dan ketika anda melakukan kesalahan atau memiliki masalah yang tidak bisa anda atasi sendiri, maka anda harus meminta bantuan kepada penyedia hosting, dan jika mereka tidak dapat memberi dukungan / bantuan yang tepat, maka apa yang akan terjadi ? …

Perusahaan yang bagus tentu harus memiliki CS, dan untuk mengetahui seberapa bagus respon dari CS mereka, maka cobalah untuk menanyakan beberapa hal sebelum anda melakukan order di sana, sehingga anda dapat menilai bagaimana respon dari CS mereka.

8. Lokasi Server

Anda juga perlu mengetahui dimana  saja server mereka berada, ini masalah seberapa jauh lokasi server dengan pengunjung blog / website, dan biasanya ini juga dapat memengaruhi kecepatan loading blog.

Jika target pengunjung yang anda inginkan adalah Indonesia, maka pilihlah yang memiliki server di Indonesia atau dekat, seperti Singapura. Dan jika anda ingin target pengunjung dari Amerika, maka pilihlah server yang berada di Amerika.

Jadi pilihlah lokasi server yang dekat dengan target pengunjung anda.

9. Lainnya

Seberapa banyak pelanggan mereka mungkin bisa anda jadikan sebagai pertimbangan juga, walau mungkin ini akan menimbulkan perbedaan persepsi pada masing – masing individu.

Namun secara logika, pelanggan yang merasa sebuah layanan tidak bagus / kurang memuaskan akan meninggalkan layanan tersebut, walau kadang ini dipengaruhi oleh harga serta kebutuhan trafik blog yang semakin tinggi juga dapat membuat pelanggan mereka pindah ke hosting lain yang memiliki kemampuan lebih besar yang tentu juga berbanding dengan harga yang semakin mahal juga.

Jika ini dirasa perlu, sebaiknya anda juga melihat latar belakang dari sebuah perusahaan web hosting, seperti apakah website mereka pernah di retas atau tidak,dan jika pernah, berapa kali website mereka diretas. Karena masalah keamanan juga salah satu hal yang penting.

Apakah mereka pernah mendapatkan penghargaan sebagai penyedia hosting terbaik atau tidak juga perlu anda pertimbangkan.

Dan sebagainya yang menurut anda penting

Intinya, untuk menentukan web hosting terbaik itu adalah pilihan anda sendiri, yang dapat anda sesuaikan dengan keperluan anda.

Jika anda merasa cukup dan puas terhadap sebuah layanan dan dapat menampung keperluan blog . website anda, maka itulah web hosting terbaik untuk anda, walau mungkin ke depannya itu bisa saja buka yang terbaik untuk anda karena kenaikan pengunjung dan sebagainya.

Dan jika ini terjadi, maka anda harus rela melakukan investasi yang lebih besar untuk mendapatkan layanan hosting yang mampu menampung kebutuhan anda nantinya.

Eh ia, jangan lupa baca juga : Hosting Terbaik Indonesia – Luar Negeri (Murah & Berkualitas)


Langganan Artikel Terbaru

Dapatkan update terbaru blog ini lewat email anda

@