Press "Enter" to skip to content

Kiat Presentasi Seorang Trainer

Ahmad Rifai 0

Kiat 1 : LOOSEN UP

Loosen up artinya santai dalam pikiran dan tubh

Perhatikan 2 pembicara di bawah

2 orang ini bahasa tubuh dan vokal bagus, tp terasa kaku. Yg no 1, tangaanya spt terkunci dah bergerak di area yg sama sepanjang bicara, yg ke 2 spt lagi latihan bahasa tubuh g santai

Perhatikan bhs tubuh Brian tracy

Apa yg terjadi di pikiran akan pengaruhi bahasa tubuh, so relaks yah

KIAT 2 : STATE MANAJEMEN

State dalah suatu keadaan di mana pikiran, perasaan dan fisiologi tubuh yang saling berhubungan membentuk kondisi dalam diri Anda. Misalnya, state Anda dalam keadaan bersemangat tentu akan berbeda sekali dengan state Anda ketika dalam keadaan frustasi atau down

Seorang trainer wajib menjaga state nya saat tampil. Karena peserta bisa merasakan kondisi mental kita dari ekspresi, bhs tubuh dll

Ada 3 langkah manajemeni state seorang trainer, sebelum turun mengisi, kt bisa lakukan di tempat sepi, atau sy kadang suka di km mandi tmpat klieb

1, *Releasing*

Pegang dada untuk terima kondisi mental anda. Langkahnya

A. Tarik dan keluarkan nafas pakai nafas perut, lakukan 5x

B. Pegang dada, sambil berkata “Ya Allah walo pun hari ini saya meras……….(sebutin semua perasaan takut, resah dll, semakin detil semakin bagus, misal sy takut penampilan sy jelek, krn sy akan dinilai dll) saya terima diri saya seutuhnya dan mohon Ridha serta kekuatan dari mu, Ya Allah utk mlepaskan semua perasaan ini. Setelah itu tarik nafas dan keluarkan, lakukan 3x dan ucapkan hamdallah

2. Emotion = energi create by motion, lakukan gerakan spt jumping jack 10x, yaitu loncat2x sambil ucapkan YES…!! Or apa aja yg semangati diri

3, Tutup langkah kita, dg memasang saklar mental anda

Cara membuat saklar atau jangkar emilosi

A. Ingat kembali suatu waktu ketika kita mengalami suatu kejadian yang luar biasa, emosi positif – sebagai contoh: senang, bahagia, dan perasaan luar biasa lainnya (misal: kelahiran anak pertama, kenaikan gaji, membeli rumah pertama, dsb).

B, Pejamkan mata dan Ciptakan kembali pengalaman tersebut dlm memori senyata mungkin, lihat apa yang di lihat, dengar apa yang terdengar, dan rasakan apa yang teras.

C, Perkuat perasaan tersebut sampai 100x lbh kuat dengan meningkatkan kualitas pnyajian imajinasu, buat warnanya lebih menarik, gambarnya lebih dekat, suaranya lebih keras, lebih jernih, dll.

D Pada saat perasaan tersebut mulai mencapai puncaknya. Pasang saklar unik, yaitu sebuah kode mental dengan cara yg tidak bisa, maksudnya kalo gunakan kode jempol atau kepalkan tangan ke atas udah sering kt lakukan.

Ini perlu yg unik misal menyentuh punggung telapak tangan kiri dengan jari telunjuk kanan, atau sentuh jari tengah dg ibu jari anda dll

E, tambahkan kode suara, spt “saya bisa” dg semangat atau kata lain. Jd sentuhan dan kode unik terhubung dg perasaan postif anda
*pastikan kode dan suara, sdh direncanakan sblum langkah A dimulai*

F, Edukasi diri dg mengatakan “mulai hari ini dan seterusnya, kode suara….(sebut) dan sentuhan, terhubung dg perasaan positif ini, shg kapanpun sy ingin perasaan ini hadir, sy hny gunakan kode ini. Tubuh dan pikiran mngerti

G, kemudian lepaskan kode tarik nafas dan keluarkan serta buka mata

Kemudian test anchornya dengan cara menyentuh kode dan suara

Perhatikan berapa besar perasaan tersebut dapat dirasakan kembali.

Ulangi langkah A sampai G, sampai 15 kali atau lebih sampai kodr tersebut terpasang dengan baik.

Agar menjadi tools bagi kita saat dibutuhkan

Nah utk yg mo tampil di udemy, gunakan 3 langkah ini seblm tampil, serta ulangi lagi, saat mood kita turun

 

Sumber : Pak Ary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *